ASPERINDO Kerjasama Dengan Garuda dan ICAC

    Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia di bidang kargo, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) mengambil langkah positif, melakukan kerjasama dengan Garuda Indonesia dan ICAC. Kerjasama ini salah satu bentuk persiapan ASPERINDO dalam menghadapi persaingan pasar global.

    Kerjasama ini ditandai dengan acara penandatanganan MoU yang dilakukan Ketua Umum ASPERINDO Muhammad Kadrial, Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan Ketua Umum ICAC Iman Wartomo serta disaksikan oleh Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi. Acara penandatanganan MoU berlangsung di Auditorium Garuda City Centre, Tangerang, Banten pada Senin (19/8/2013).

    Menurut Kadrial, perubahan adalah sebuah keniscayaan ketika perubahan itu bisa memiliki dampak bagi kemajuan bangsa. Memasuki pasar global, perusahaan jasa pengiriman tidak hanya berrebut pasar dengan sesama perusahaan jasa pengiriman dalam negeri, namun juga dengan perusahaan jasa pengiriman dari luar negeri.

    Langkah penting yang mutlak dilakukan adalah pemantauan kepuasan pelanggan. Perusahaan jasa pengiriman harus terus melakukan inovasi dan perbaikan di segala lini baik dari segi pelayanan yang menyangkut soft skill seperti peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) maupun peralatan, sarana dan prasarana.

    Meskipun perusahaan jasa pegiriman logistik telah dilengkapi dengan berbagai peralatan yang canggih dan modern tidak akan ada artinya jika tidak dibarengi dengan kemampuan dan kualitas SDM yang baik. Untuk itu pendidikan dan pelatihan SDM pun perlu dilakukan untuk membentuk teknisi-teknisi jasa pengiriman yang handal dan profesional.

    “Persaingan memang tidak bisa dihindari karena memang hal itu wajar di bidang bisnis,” paparnya. Sementara itu Krisnamurthi menegaskan, memasuki Masyarakat ekonomi ASEAN Indonesia harus siap menghadapi persaingan bisnis global. Untuk itu pemerintah siap memberi kemudahan berbisnis dan mendorong peningkatan kualitas SDM di dalam negeri. “Langkah ini penting untuk meningkatkan daya saing serta memperluas jaringan bisnis di luar negeri,” tandasnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *