About ASPERINDO

“CEPAT, CERMAT, SELAMAT, DAN BERTANGGUNG JAWAB”

PROFIL PERUSAHAAN

Sebagai wadah dari perusahaan-perusahaan yang padat karya, yang harus tetap menjaga peran serta kontribusi bagi perekonomian dan perkembangan bangsa, ASPERINDO harus tetap konsisten di dalam memanifestasikan fungsi pokoknya, internal maupun eksternal. Konsolidasi ke dalam dengan terus menumbuh kembangkan tali silaturahmi dan rasa kebersamaan di antara segenap komunitas ASPERINDO adalah merupakan langkah usaha yang harus dilakukan secara berkesinambungan, sementara perannya sebagai “mitra” Pemerintah tetap harus dapat diwujud-nyatakan dengan berpegang pada prinsip :

“Kepentingan Pemerintah jangan terkesampingkan namun kepentingan yang layak dari Perusahaan anggota-nya mutlak harus diperhatikan”

  • 1986 : Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia.
  • 1994 : Asosiasi Perusahaan Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia.
  • 1997 : Asosiasi Perposan Indonesia.
  • 1998 : Asosiasi Perusahaan Jasa Ekspres Indonesia.
  • 2001 : Melalui MUNAS V dilengkapi menjadi Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia.
  • 2012 : Pada MUNAS VIII ASPERINDO tanggal 27 Maret 2012 dirubah dan dilengkapi menjadi “Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia”.

SEJARAH BERDIRINYA ASPERINDO

Pada awalnya, ASPERINDO adalah merupakan singkatan dari Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia, wadah dari Perusahaan-perusahaan Nasional yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang maupun dokumen. Diresmikan melalui MUNAS (I) tanggal 26 Maret 1986, ASPERINDO adalah merupakan kelanjutan dari organisasi himpunan sebelumnya yang bernama HIPPARI, singkatan dari Himpunan Perusahaan dan Pengantaran Barang Lewat Udara Dalam Negeri. HIPPARI yang di-deklarasi-kan pada tanggal 17 Juni 1982 adalah merupakan wadah/himpunan dari Perusahaan-perusahaan Nasional yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang dan dokumen, baik yang bergerak di sektor “KURIR” maupun “KARGO”.

Berubah menjadi ASPERINDO pada tanggal 26 Maret 1986 berhubung adanya 2 (dua) alasan mendasar, yaitu :

  • Keinginan untuk secara khusus menghimpun Perusahaan-perusahaan yang hanya bergerak di bidang jasa per-kurir-an.
  • Memenuhi persyaratan untuk masuk bergabung kedalam organisasi KADIN (Kamar Dagang dan Industri) yang mempersyaratkan bentuk organisasi adalah “Asosiasi” dan bukan “Himpunan”.

VISI DAN MISI

Sebagai wadah komunikasi, konsultasi, koordinasi dan sumber informasi, ASPERINDO mencanangkan tujuan :

  • Membina rasa persatuan dan kebersamaan antara sesama anggota.
  • Mewujudkan aspirasi anggota didalam mengembangkan dan meningkatkan usaha.
  • Menjadi mitra Pemerintah didalam menciptakan iklim usaha yang sehat dan kondusif.

Kepengurusan ASPERINDO

Susunan Pengurus yang terdiri dari DPP (Dewan Pengurus Pusat – Jakarta), DPW (Dewan Pengurus Wilayah – Propinsi) dan DPD (Dewan Pengurus Daerah – Kabupaten/Kota) adalah Pengurus yang dihasilkan oleh MUNAS/MUSWIL/MUSDA dengan masa kepengurusan selama 4 (empat) tahun.

167

Perusahaan tingkat Pusat Jakarta
4000

Perusahaan tingkat cabang

Stay in touch with us